Memahami Objek pada Visual Basic
Apa yang dimaksud dengan Objek
Objek merupakan suatu kombinasi dari
kode dan data yang dapat diperlakukan sebagai satu kesatuan. Suatu Objek dapat
merupakan bagian dari aplikasi seperti suatu kontrol atau suatu form. Secara
keseluruhan dari aplikasi dapat juga berupa suatu objek.
LABEL
Label lebih sering
digunakan untuk menampilkan judul, teks, penjelasan disebelah kotak teks,
keterangan dsb.
Untuk menggunakan label
ini digunakan kontrol Label (), pada umumnya yang harus diset pada
kontrol label hanyalah propertinya saja, seperti ukuran, warna, dsb.
Command Button
Objek ini hampir selalu
hadir pada setiap aplikasi, fungsi dari kontrol ini biasanya untuk mengeksekusi
perintah tertentu. Seperti Tombol OK, Cancel, Exit, Apply, Open dll. Contoh
seperti gambar berikut :
1) Event pada Command
Umumnya event yang sering
digunakan adalah event click, biasanya event ini digunakan untuk
menjalankan atau mengeksekusi suatu perintah tertentu. Seperti membuka jendela
baru, keluar dari form, menerima input dari aplikasi dsb.
2) Metode pada Command Button
Metode yang ada pada
command antara lain Move, Refresh, SetFocus dan Zorder (fungsi sama dengan di
atas).
Option Button
Yaitu suatu kontrol dimana
user dapat memilih salah satu dari banyak pilihan. Pilihan ini sifatnya
tunggal.
1) Event pada option Button
Umumnya event yang sering digunakan adalah event Click()
2) Membuat kelompok option Button
Umumnya option yang
dijadikan berkelopok dengan menggunakan kontrol “frame”, yaitu kontrol
pada VB yang berupa bingkai segi empat berfungsi menjadi bingkai atau tempat
kontrol-kontrol yang lain.
CheckBox
Sebuah kontrol pemilihan
yang berfungsi hampir sama dengan option button. Hanya saja bedanya pada
checkbox ini pilihan bisa dipilih lebih dari satu pilihan.
Properti Checkbox
Propertinya hampir sama
dengan yang ada pada option button, namau yang terpenting adalah :
Combo Box
Yaitu kontrol yang sama
kegunaanya dengan listbox, perbedaanya adalah user dapat mengisikan nilai
baru pada kotak kombo tersebut.
Macam-Macam Combo Box
1. Drop-Down : yang ditampilkan satu baris saja. Kotak ini akan terbuka jika
user menekan tanda panah pada pojok kanan kotak kombo. Dan user dapat diinput
nilai kedalam kotak kombo tersebut.
2. Simpel Combo : kotak ini mirip seperti daftar list box, user hanya
bisa mengetik dibagian atas kotak kombo saja.
3. Drop Down List : ditampilkan satu baris saja, sama seperti Drop-Down, namun
kotak tidak bisa diinput
List Box (Kotak Daftar)
Pada kotak daftar ini user
hanya bisa memilih pilihan dan tidak bisa mengisikan pilihan kedalam kotak
daftar.
Macam-macam List Box
1. Standart List Box
2. Check List Box
Properti yang umum
dipakai objek List Box
Event yang umum dipakai
objek List Box
Event yang sering
digunakan oleh objek listbox ini adalah event Click() atau DblClick()
A. Image
Kontrol ini berfungsi
menampilkan file gambar pada aplikasi, seperti untuk tujuan hiasan, logo,
perlengkapan data dsb.
Menampilkan gambar dengan
Image :
1. tambahkan image dari toolbox
2. temtukan gambar yang akan ditampilkan pada kontrol
image, dengan mengatur propeti Pinture.
3. Klik tombol elipsis, yang terdapat disebelah kanan
properti tersebut.
4. Kotak pada dialog picture yang muncul, carilah
file gambar yang terdapat pada komputer. Atau bukalah folder berukut:
C:\Program
Files\Microsoft Visual Studio\Commond\Graphics.
Menampilkan gambar dengan
Program:
1. tambahkan image dari toolbox
2. Format Programnya sbb:
namaKontrol.Picture = LoadPicture(“namafile”)
B. Picture Box
Kontrol ini tidak jauh
berbeda dengan kontrol Image, yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada
aplikasi. Hanya saja bedanya, lebih banyak properti dan metode yang bisa
diterapkan.
Properti yang umum dipakai
objek List Box
Line (Garis)
Biasanya digunakan untuk
membuata garis, agar tampilan aplikasi lebih menarik, bermacam-macam bentuk
garis bisa dibuat begitu juga ketebalan dari garis tersebut.
Properti yang umum digunakan sbb :
Shape (Bangun)
Selain garis, kita juga
bisa menambahkan bangunan-bangunan geometris sederhana, seperti kotak, elips
dll.
Secara default bentuk
ukuran dari kontrol ini adalah segi empat (o-rectangle) bentuk bisa diubah bila
kita memilih properti Shape dan mengubahnya seuai dengan pilihan kita.
Sedangkan untuk merubah
pola yang terdapat didalam kontrol, kita bisa merubah properti FillStyle.
Properti yang umum digunakan sbb :
Ø PicturBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan
format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), GIF, dan
JPEG.
Ø Label
adalah kontrol yang digunakan untuk
menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
Ø TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki
oleh pemakai, dapat berupa satu baris tungggal, atau banyak baris.
Ø Frame adalah kontorl yang digunakan sebagai kontainer bagi
kontrol lainnya.
Ø CommandButton
merupakan kontrol hampir ditemukan
pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu
ketika pemakai melakukan klik padanya.
Ø ChekBox di gunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no,
true/false.
Ø OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap
beberapa option yang hanya dapat di pilih satu.
Ø ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih dari satu
(bergantung pada property MultiSelect).
Ø ComboBox merupakan kombinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana
pemasukan data dapat dilakukan dengan pengetikan maupun pemilihan.
Ø Timer digunakan untuk proses background yang di aktivkan
berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non visual.
Ø Image berfungsi menyerupsi image box, tetapi tidak dapat digunakan
sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa
kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan
PictureBox.
Ø OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal
seperti Microsoft Excel, Word, dll.
Ø HscrollBar
dan VscrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar
berdiri sendiri.
Ø Shape dan
Line digunakan untuk menampilkan bentuk
seperti garis, persegi, bulatan, oval.
Ø Data digunakan untuk data binding.
PROPERTI
PROPERTI merupakan identitas
dari suatu object dan yang akan mmbedakan antar satu object dengan object
lainnya.
Beberapa property yang sering
digunakan,diantaranya:
- Name, untuk memberikan nama suatu object.
- Caption, untuk menampilkan teks yang biasanya digunakan untuk judul dan tidak dapat diubah secara langsung.
- Text, untuk menampilkan teks dan dapat di ubah secara langsung.
- List, untuk menuliskan daftar pilihan pada ComboBox dan ListBox.
- Font, untuk menentukan jenis dan ukuran huruf yang digunakan.
- BackColor, untuk mengatur warna latar belakang.
- ForeColor, untuk mengatur warna teks atau grafik.
- Enabled, pengaturan agar suatu object tidak dapat diakses.
- Visible, untuk menyembunyikan atau menampilkan suatu object.
- Height, untuk mengatur ukuran tinggi suatu object.
- Width, untuk mengatur ukuran lebar suatu object.
- MousePointer, untuk mengubah pointer mouse berubah apabila melewati object tersebut
- StartUpPosition, untuk mengatur posisi form pada saat di jalankan
EVENT
Event merupakan suatu tindakan yang
dilakukuan untuk mengerjakan suatu proses . Seperti suatu proses akan dilakukan
apabila dilakukan apabila dilakukan tekan tombol enter,klik satu kali atau klik
dua kali.
Macam-macam event yang sering
digunakan:
Event Untuk Mouse
- Click, tombol kiri mouse ditekan dan proses akan dilakukan pada saat melepas tombol kiri mouse dengan posisi tepat pada object tersebut.
- DbClik, tombol kiri mouse dengan posisi sebanyak 2 kali dengan cepat dan proses akan dilakukan padasaat penekanan yang kedua.
- MouseDown, proses akan dilakukan pada saat menekan tombol kanan/kiri mouse
- MouseUp, tombol kiri/kanan mouse ditekan dan proses akan dilakukan pada saat melepas tombol kiri/kanan mouse dengan posisi tanpa harus pada object tersebut.
- MouseMove, proses akan dilakukan apabila mouse digerakan dan mengenai object tersebut tanpa menekan tombolnya.
Event Untuk Keyboard
- KeyPress, proses akan dilakukan apabila sebuah tombol keyboard ditekan. Untuk menyatakan sebuah tombol keyboardyang di tekan dengan menggunakan kode ASCII.
- KeyDown, proses akan dilakukan apabila sebuah tombol keyboard ditekan.
- KeyUp, proses akan dilakukan apabila dilakukan sebuah tombol keyboard dilepaskan.
Event Untuk Perubahan
- Active, proses akan dilakukan apabila sebuah form menjadi jendela yang aktif.
- Deactive, proses akan dilakukan apabila dilakukan perpindahan dari satu form ke form yang lain.
- GotFocus, proses akan dilakukan apabila object tersebut menjadi focus.
- LostFocus, proses dilakukan apabila objok tersebut kehilangan / sudah tidak menjadi focus dikarenakan focus telah berpindah ke objek lain.
- Load, proses akan dilakukan apabila sebuah form dibuka/dijalankan.
- UnLoad, proses akan dilakukan apabila sebuah form diubah.
- Resize, proses akan dilakukan apabila ukuran form diubah.
- Change, proses akan dilakukan apabila isi / nilai sebuah object diubah
Komentar
Posting Komentar